-->

belajar pernyataan pada java lengkap beserta contoh syntax program

  BELAJAR PERNYATAAN PADA JAVA LENGKAP

 

Pernyataan Break Pada Java

Jump atau lompatan merupakan pengendalian yang digunakan pada saat mentransfer sebuah kendali ke alur bagian perogram lainnya seperti pernyataan break (Jump Break). Break adalah sebuah bagian dari keyboard yang datang pada bahasa program itu sendiri. Perintah break sendiri memiliki kegunaan yaitu untuk keluar dari kendali baik itu dari switch case dan perulangan. Berarti kegunaan break dikaitkan dengan adanya pengendalian agar suatu program keluar atau agar berhenti dan kemudian di eksekusi di lanjutkan dengan perintah yang lainnya atau setelahnya pada blok percabangan atau pun perulangan. Agar tahu bentuk yang jelas cara penggunaan pernyataan break atau bisa disebut juga Jump Break, mari kitaa lihat bersama pengodeannya di bawah ini.
 Pada hasil break diatas perulangan berhenti pada perulangan ke 6, pada hal perulangan yang kita tetapkan sebanyak 1000 kali perulangan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Di karenakan perintah if akan mengakhiri perulangan tersebut ke 6 karena adanya perintah break mengeksekusi hal tersebut. Jadi seberapa banyak pun batas perulangan yang kita buat tetapi dalam perintah if membatasi perulangan ke 6 maka hasil dari perulangan tersebut sebanyak 6 kali. Kalau kita ingin membuat lebih banyak perulangan sebelumnya maka kita hanya menambaahakan pada perintah if sebanyak berapa yang kita inginkan, misalnya a == 100. Itulah tadi pembahasan kita tentang cara penggunaan pernytaan break selanjutnya ada pernyataan continue dan return, semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini sampai jumpa ke pembelajaran selanjutnya.

Pernyataan Continue Pada Java

Continue adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghentikan atau keluar dari hasil looping. Biasanya perintah continue berfungsi melompati sebuah perulangan misalnya sebuah perulangan dari angka 0 hingga 10 tetapi baris angka ke 5 ternyata hasilnya angka 10. Pada perintah continue juga untuk memproses secara melanjutkan ke perulangan selanjutnya tanpa mengeksekusi proses sedang berlangsung. Kalau sudah tahu penggunaannya silakan lihat pengodeannya di bawah ini.
 Pada hasil diatas menunjukkan baris ke 4 bernilai angka 6 kenapa hal itu bisa terjadi? Karena pada perintah if kita memasukan parameter a == 3 dimana juga pada outputnya kita memasukan (a + a) maka hasil tersebut akan menambahkan maka dari itu hasilnya akan menjadi angka 6. Beda halnya kalau kita memasukan angka pada outpunya (a + 2) maka hasilnya akan menjadi angka 5 bukan angka 6. Pada perulangan for kita sudah menetapkan patas perulangan sebanyak 6 kali maka baris yang ditentukan hasilnya ada 7 baris angka (hak cipta Copyright Sekolah Program tidak dihitung), dimana perintah continue hanya melompati perulangan tambah merusak proses yang sedang berlangsung beda dengan perintah break sebanyak batas perulangan yang kita sudah tentukan maka perintah break akan menghentikannya sesuai pengodean yang sudah di tetapkan. Itulah penggunaan perintah continue yang sebelumnya kita mempelajari break dan selanjutnya return, semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini.

Pernyataan Return Pada Java

Return atau di bahasa Indonesia-Kan adalah kembali, return adalah sebuah nilai dalam suatu metode dimana kegunaannya digunakan diluar method atau fungsi pada program Java. Cara menggunakannya kita harus membuat method yang baru untuk menggunakan perintah return biasanya digunakan pada waktu sebuah method yang memiliki nilai pengembalian. Perintah return juga digunakan pada aplikasi seperti kalkulator sebagai class (didalamnya memiliki perintah-perintah program yang akan mengeksekusi penambahan, pengurangan dan juga yang lainnya). Pernyataan return cukup banyak sekali kegunaannya bukan sebagai membuat aplikasi kalkulator saja tapi berfungsi sebagai pemanggil atau pun juga memberikan nilai pada setiap variabel tertentu. Baik langsung saja kita lihat cara penggunaannya di bawah ini.

Kita bisa melihat hasilnya diatas dimana 20 dikali 5 maka hasilnya 60, Pada nama variabel penjumlahan dan tambah keduanya dikalikan, sedangkan nama variabel nilai hanya menambah nilainya saja bukan penjumlahkan. . Untuk memahami cara menggunakan perintah return lebih dalam silakan pilih salah satu link di bawah ini selama link di bawah ini masih aktif. Apabila link tersebut tidak aktif silakan komentar di bawah ini. Gunakan Hashtag #returnjava untuk komentar lebih cepat.
  • Return Java – Cara Membuat Program Perhitungan Nilai Pangkat Pada Java
  • Return Java – Cara Membuat Program Perhitungan Nilai Akar Pada Java
Selamat mencoba dan pelajari lebih banyak tentang perintah return, semoga bermanfaat s

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "belajar pernyataan pada java lengkap beserta contoh syntax program"

Posting Komentar