-->

perulangan pada java

 belajar perulangan java

 

Pengertian Perulangan Java

Perulangan tau juga disebut looping merupakan salah satu cara untuk mengulangi beberapa bentuk nilai yang diulang berkali-kali sesuai batas waktu yang telah kita tentukan. Adanya perulangan memudahkan kita dalam pemograman dan mempersingkat pengodean, dimana kita tidak perlu lagi memasukan nilai satu persatu. Kita bisa menggunakan perulangan dalam jumla yang besar dalam masalah nilai yang kita ulang. Perulangan memiliki beberapa jenis yaitu perulangan for, while, do-while, rekursi. Masing-masing perulangan memiliki cara kerja yang berbeda baik itu perulangan for ataupun while apa lagi cara pengodeannya juga beda. Akan tetapi tidak semua perulangan itu akan digunakan untuk membuat aplikasi, perulangan yang paling umum digunakan ialah perulangan for. 

Fungsi Perulangan

Fungsi dari sebuah perulangan kita bisa sangat mudah untuk mengulangi kalimat-kalimat yang ada hingga 1.000 kali misalnya. Akan tetapi,jiga ingin menggunakan teknik perulangan program yang akan kita buat hanya membutuhkan beberapa baris kode saja. Inti dari perulangan memudahkan kita dalam melakukan perulangan pada setiap kalimatnya. Perulangan juga digunakan dalam masalah nilai yang bersifat periodik atau mengurutkan data dalam jumlah yang besar.

Perulangan For Pada Java

Perulangan dengan for di kontrol oleh tiga hal, yang pertama adalah nilai awal dari perulangan (mulai) yang bisanya digunakan oleh variabel tipe data int. Kedua, pengontrolan yang menentukan batas perulangan dan juga pengontrolan kapan perulangan akan berhenti. Ketiga, adalah kita menggunakan operator increment dan decrement (yang sebelumnya kita pelajari betapa pentingnya operator tersebut) yang memiliki fungsi untuk proses iterasi atau bisa kita bilang untuk menyebutkan perulangannya menambahkan atau mengurangkan suatu perulangan. Untuk perulangan for tidak memiliki counter untuk menaikan suatu variabel karena sudah disebutkan pada salah satu parameter perulangannya. Bentuk umum perulangan for bisa kita lihat di bagian bawah ini:

 Pada contoh perulangan for di atas kita harus memperhatikan pemberian nilai di bagian atas, dimana operator pemberian nilai tersebut memili perbedaan dimana kalau kita menggunakan perintah (a < 2017) maka hasilnya hanya tahun 2015 dan 2016 saja. Kenapa bisa seperti ini? Ya!, karena a lebih kecil dari 2017. Kalau kita menggunakan perintah yang berbeda (a <= 2017) maka hasilnya 2015 s/d 2017 dikarenakan a lebih kecil atau sama dengan 2017. Jadi kita tidak usah bingung lagi untuk memecahkan masalah yang satu ini, semoga pembelajaran kita kali ini sangat membantu. Sampai jumpa ke pembelajaran kita mengenal perulangan while.

Perulangan While Pada Java

Perulangan while merupakan perulangan atau blok yang diulang-ulang selama kondisi yang ada masih memiliki nilai yang true. Untuk perulangan ini kalau kita tidak hati-hati dalam pengodeannya maka saat kita akan menjalankan projectnya perulangan bisa-bisa tidak akan pernah berhenti atau bisa dibilang (infinite loop). Perulangan while juga memiliki kelebihan dalam perulangannya yaitu variabel yang dideklarasikan tidak hanya menggunakan tipe data bilangan bulat (integer) atau double, namun bisa juga menggunakan tipe data boolean. Untuk melihat pengodean dari perulangan while kita bisa langsung simak kodenya di bawah ini.

 Untuk perulangan dengan while memiliki dua pengontrolan, yang pertama untuk menentukan batas perulangan, sementara yang kedua untuk ekspresi penambahan (a++) atau pengurangan (a–) batas perulangan. Perulangan while memang lebih banyak penggunanya ketimbang perulangan dengan for. Sebelum mengakhiri perulangan while ada baiknya kalau kita akan mencoba menggunakan tipe data boolean pada perulangan for. Dimana tipe data boolean hanya bisa membaca nilai true dan false. Berikut ini adalah contoh perulangan while dengan tipe data boolean simak di bawah ini.

 Sedikit penjelasan dimana perulangan while dengan boolean memang sedikit rumit akan tetapi intinya sama saja. Perulangan dengan while akan berhenti ketika boolean bernilai true kalau boolean bernilai false maka perulangan akan terus berjalan dan tidak akan berhenti sepenuhnya. Demi kian pembahasan kita mengenali perulangan while selanjutnya kita akan mempelajari perulangan do-while. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali!

Perulangan Do-While Pada Java

Perulangan untuk do-while yang menggunakan logika yang sama dengan teknik perulangan sebelumnya yaitu for dan while. Pada perulangan ini pernyataan dalam sebuah pernyataan terlebih dahulu dieksekusi, barulah dilakukan pengontrolannya. Untuk perulangan do-while cara penggunaannya terlebih dahulu kita membuat variabel, kemudian kita menggunakan do, selanjutnya kita membuat yang paling terakhir dengan while (terletak di luar statement) sebagai pengontrol perulangannya. Istimewanya penggunaan perulangan do-while terletak pada pernyataan yang kita buat akan dieksekusi menimal sekali, meskipun batas pengontrolannya tidak terpenuhi. Perulangan do-while biasanya digunakan pada games yang kita gerakan ke kanan, ke kiri dan ke atas (loncat), ke bawah (menunduk). Jika suatu games kalau kita tidak mengerakan ke kanan, kiri, atas, dan bawah maka permainan tidak akan berjalan, seperti itulah logika pada perulangan do-while. Berikut ini cara pengodean pada perulangan do-while silakan simak di bawah ini.


 Itulah hasil perulangan dari do-while yang bisa kita manfaatkan dalam perulangan.semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "perulangan pada java"

Posting Komentar