-->

operator pada java

  operator bahasa java

 

 

 

 

 operator bahasa pemrograman java

macam macam operator dalam java


Pengertian Operator Pada Java

Operator adalah sebuah pengendalian operasi yang akan dilakukan untuk melakukan beberapa perintah sesuai jenis operator apa yang kita gunakan. Pada umunya operator merupakan jenis-jenis operator untuk mengerjakan sebuah perintah yang memiliki nilai masing masing, jadi operator hanyalah sebuah proses apa yang di perintahkan pada suatu variabel dan berapa nilai yang ada. Bentuk dari operator sendiri bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dimana apa yang ada di matematika hampir semuanya ada dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan juga modulus. Hanya saja bentuknya tidak berbentuk nama akan tetapi seperti simbol-simbol layaknya pada matematika. Operator juga memiliki beberapa bagian atau kelompoknya masing masing dan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memproses nilai, akan tetapi cara pengguannya berbeda dengan beberapa kelompoknya. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu, operator aritmatika, increment dan decrement, pemberian nilai, dan perbandingan. Untuk melihat simbol-simbol dari operator Java lihatlah di bagian bawah ini.

Operator Aritmatika

Operator
DefinisiContohArtinya
+PenambahanA + B
A ditambah B
PenguranganA – BA dikurang B
*PerkalianA * B
A dikali B
/
PembagianA / BA dibagi B
%Sisa hasil bagi (modulus)A % B
A dibagi hasil B
Operator aritmatika digunakan saat kita ingin mengetahui hasil dari penjumlahan misalnya, kita dapat menggunakan operator ini untuk kegiatan matematika.

Operator Increment dan Decrement

Operator
DefinisiContohArti
++Nilai ditambah satuA++ atau ++A
A = A – 1
Nilai dikurang satuA — atau — A
A = A -1
Operator ini gunakan pada saat kita ingin digunakan untuk mengurangi satu angka atau menambahkan satu angka, operator ini digunakan dalam perulangan yang kamu bisa jumpai di pembelajaran perulangan Java.

Operator Pemberian Nilai

Operator
DefinisiContohArti
=Pemberian nilaiA = 10
A = 10
+=
Penambahan sama denganA += BA = A + B
-=Pengurangan sama denganA -= B
A = A – B
*=
Perkalian sama denganA *= BA = A * B
/=Pembagian sama denganA /= B
A = A / B
%=
Sisa hasil bagi sama dengan
A %= B
A = A % B
Operator pemberian nilai atau disebut juga dengan assignment dimana cara ini mempermudahkan kita dalam pengodean dan memberikan kita kemudahan. Dengan adanya operator ini kita bisa menggunakan 2 variabel saja bukan 3 variabel yang seperti operator aritmatika.

Operator Perbandingan

Operator
DefinisiContohArtinya
==
SamaA == B
A sama dengan B
!=Tidak samaA != B
A tidak sama B
Lebih kecilA < BA lebih kecil dari B
Lebih besarA > B
A lebih besar dari B
<=
Lebih kecil atau sama denganA <= BA lebih kecil atau sama dengan B
>=Lebih besar atau sama denganA >= B
A lebih besar atau sama dengan B
Operator perbandingan dari namanya saja kita sudah tahu bawasannya operator ini digunakan untuk membandingkan suatu nilai yang ada. Operator ini digunakan paling banyak pada perulangan dan perintah Java yang akan kita temui di pembelajaran berikutnya.

Fungsi Operator Pada Java

Mengenai fungsi operator kita bisa sedikit memberikan kesimpulan yang mudah. Pada dasarnya operator merupakan semua simbol-simbol yang bisa kita temui di matematika. Dimana operator digunakan untuk memproses nilai yang ada pada suatu variabel, ada juga digunakan untuk memberikan nilai, melakukan perbandingan pada nilai, dan juga lainnya. Intinya digunakan untuk melakukan proses nilai yang ada.

Operator Aritmatika Pada Java

Operator merupakan simbol-simbol yang akan kita gunakan dalam suatu variabel. Dimana operator aritmatika yang berupa simbol-simbol yang kita bisa mengetahuinya dalam kegiatan sehari-hari. Operator aritmatika sendiri bisa kita jumpai dalam operasi matematika seperti penambahan dan pengurangan. Simbol-simbol ini paling umum kita gunakan dalam matematika dan tidak terlalu rumit untuk kita mempelajarinya kali ini. Untuk mengetahui lebih lanjut simbol-simbol yang kita bisa manfaatkan untuk pelajaran kita kali ini, semak tabel dibawah ini:

Operator-Operator Aritmatika

OperatorDefinisiContohArtinya
+PenambahanA + BA ditambah B
PenguranganA – BA dikurang B
*PerkalianA * BA dikali B
/PembagianA / BA dibagi B
%Sisa hasil bagi (modulus)A % BA dibagi hasil B
Itulah operator-operator yang bisa kita manfaatkan dalam operasi matematika. Sebelum lebih lanjut kita harus mengetahui simbol % (persen) atau sisa hasil bagi atau juga sering dibilang modulus. Modulus merupakan operator yang digunakan untuk dalam nilai yang digunakan ketika angkanya dari sebuah hasil pembagian bukan merupakan bilangan bulat yyyaaa!. Untuk melihat cara penggunaannya bisa kamu simak contoh pengodeannya sebagai berikut:

package operator; public class aritmatika { public static void main(String[] args) { int a, b, c, d, e, f, g; a = 7; b = 2; c = a + b; d = a - b; e = a * b; f = a / b; g = a % b; System.out.println("Hasil dari penambahan "+c); System.out.println("Hasil dari penguranga "+d); System.out.println("Hasil dari perkalian "+e); System.out.println("Hasil dari pembagian "+f); System.out.println("Hasil dari sisa hasil bagi (modulus) "+g); } }

Operator increment dan decrement Pada Java

Operator increment (penambahan) dan decrement (pengurangan) seperti biasa kita akan tahu cara penggunaannya penambahan dan pengurangan seperti yang kita pelajari sebelumnya mengenai operator aritmatika. Untuk operator yang satu ini sedikit berbeda cara pada pemogramannya. Operator increment dan decrement biasanya digunakan pada perulangan for, while, dan juga do-while. Agar lebih paham kita bisa melihatnya pada tabel dibawah ini untuk mengenal operator ini.

Operator Increment dan Decrement

Operator
DefinisiContohArti
++Nilai ditambah satuA++ atau ++A
A = A – 1
Nilai dikurang satuA — atau — A
A = A -1
Miskipun kita belum sampai pada pembelajaran kita mengenal perulangan pada Java, dikarenakan operator ini juga berperan penting pada perulangan. Bukan hanya untuk perulangan saja akan tetapi digunakan lainnya seperti indeks array tertentu. Untuk itu lihatlah pemograman yang terdapat dibawah ini yang kita bisa pelajari dan mengamati dalam operator yang satu ini, sebagi berikut:
 package operator; public class penambahandanpengurangan { public static void main(String []args){ int a, b, c, d, e, f; a = 7; b = 2; c = a++; d = ++a; e = --b; f = b--; System.out.println("Hasil dari a++ "+c); System.out.println("Hasil dari ++b "+d); System.out.println("Hasil dari --b "+e); System.out.println("Hasil dari b-- "+f); } }

Operator Assignment Pada Java

operator pemberian nilai atau bisa dibilang operator assignment merupakan operator untuk mempersingkat dalam pengodeannya. Dimana operator pemberian nilai ini hampir sam dengan operator aritmatika hanya saja bedanya terletak pada pengodeannya. Dalam masalah penambahan, pengurangan dan lainnya tetap sama akan tetapi kita hanya menggunakan dua variabel yang berbeda. Silakan lihat simbol-simbol yang terdapat pada operator pemberian nilai ini, sebagi barikut:

Operator Pemberian Nilai Pada Java

Operator
DefinisiContohArti
=Pemberian nilaiA = 10
A = 10
+=
Penambahan sama denganA += BA = A + B
-=Pengurangan sama dengan
A -= B
A = A – B
*=
Perkalian sama denganA *= BA = A * B
/=Pembagian sama denganA /= B
A = A / B
                   %=                  Sisa hasil bagi sama denganA %= B
A = A % B
 package operator; public class assignment { public static void main(String []args){ int a = 20; int b, c, d, e, f, g; b = 1; c = 2; d = 3; e = 4; f = 5; b += a; c -= a; d *= a; e /= a; f %= a; System.out.println("Hasil dari += adalah "+b); System.out.println("Hasil dari -= adalah "+c); System.out.println("Hasil dari *= adalah "+d); System.out.println("Hasil dari /= adalah "+e); System.out.println("Hasil dari %= adalah "+f); } }
 

Operator Perbandingan Pada Java

Operator perbandingan merupakan operator untuk membandingkan suatu nilai untuk di perbandingkan. Operator ini biasanya digunakan kitika kita ingin membuat perintah kondisional dalam sebuah program. Sebagai contohnya, ketika kita membuat sebuah perintah kondisional A > B, operator “>” berfungsi untuk sebagi perbandingan antara nilai A dengan nilai B, dimana jika A lebih besar, perintah kondisional tersebut memiliki nilai true. Namun jika salah maka hasilnya akan false.Untuk mengetahui simbol-simbol pada operator perbandingan kita bisa simak pada tabel di bawah ini secara sesama.

Operator-Operator Perbandingan Pada Java

Operator
DefinisiContohArtinya
==
SamaA == BA sama dengan B
!=Tidak samaA != B
A tidak sama B
Lebih kecilA < BA lebih kecil dari B
Lebih besarA > B
A lebih besar dari B
<=Lebih kecil atau sama denganA <= B
A lebih kecil atau sama dengan B
>=
Lebih besar atau sama denganA >= BA lebih besar atau sama dengan B
Operator perbandingan biasanya digunakan dalam perintah kondisional perulangan atau rekursi. Sebagai contoh programnya kita bisa lihat dibawah ini:
 package operator; public class pembandingan { public static void main(String []args){ int sepatu, tas; sepatu = 200000; tas = 120000; if(tas <= sepatu) System.out.println("pembelian berhasil"); else System.out.println("pembelian gagal"); } }

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "operator pada java"

Posting Komentar