-->

belajar tipe data lengkap


 TIPE DATA LENGKAP

Pengertian Tipe Data Java

Tipe data adalah suatu keyboard yang secara otomatis datang dari bahasa program Java dan sama juga dari beberapa bahasa program lannya. dimana tipe data biasanya digunakan ketika kita menentukan suatu jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Tipe data memiliki beberapa kegunaan dalan jenis nilainya sesuai apa nama tipe data tersebut. Adapun perbedaan jenis kelompok tipe data yang harus kita ketahui, yaitu tipe data bilangan bulat (integer), bilangan pecahan (floating point), dan tipe data boolean dan char. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang nama-nama tipe data yang wajib kita ketahui, sebagi berikut.

Tipe Data Bilangan Bulat (integer)

Tipe Data
UkuranNilai Minimal
Nilai Maksimal
Byte
8 bit-128127
Short16 bit-32768
32767
Int
32 bit-21474836482147483647
Long64 bit-9.22337E+18
9.22337E+18
Integer adalah sebuah tipe data yang paling dasar yang berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. Tipe data ini juga memiliki urutan tersendiri, sehingga kita dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dalam pemograman dan kita dapat membandingkannya satu dengan yang lainnya. Di bagian tabel diatas kita bisa tahu nama-nama tipe data integer ini dan kita bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Akan tetapi tipe data int lebih umum digunakan dalam pemogramannya.


Bilangan pecahan juga bisa dibilang real, real adalah tipe data yang dipakai pada variable yang berdata bilangan pecahan desimal. Dimana kita tahu di dunia matematika ada yang namanya angka dibelakang koma, makanya tipe data ini sangat cocok membantu kita untuk menuntaskan segala masalah dalam perhitungan. Pada tipe data ini yang paling umum digunakan yaitu tipe data double dimana double memiliki ukuran yang besar senilai 64 bit setara dengan 8 byte. Tipe data ini mampu menuntaskan segala hitungan yang melibatkan bilangan pecahan yang banyak angka dibelakang koma, seperti halnya perhitungan kosinus, perhitungan akar, pangkat, bahkan volume, dan masih banyak lagi.

Tipe Data Char dan Boolean

Tipe Data
UkuranNilai
Char
16 bit Unicode
‘A’, ‘1’, dan ‘A1’
Boolean1 bit
True dan False
Tipe data ini kita kan jelaskan persatu-satu, untuk tipe data char adalah tipe data yang terdiri dari suatu karakter atau satu buah angka, huruf, tnada baca, atau karekter khusus. Tipe data ini digunakan pada Switch Case dan juga ada beberapa lainnya. Tipe data boolean adalah tipe data yang paling unik hanya bisa membaca nilai true dan false saja. Hanya saja tipe data boolean memiliki 2 nilai saja atau juga bisa kita lambangkan dengan 1 atau 2 seperti biner.
Untuk mempelajari tentang tipe data pada Java Sekolah Program telah menyiapkan beberapa artikel untuk mempelajari tipe data ini yang bisa kita akses linknya dibawah ini. Silakan pelajari dengan sebaik mungkin dan semoga bermanfaat.

Tipe Data Byte Pada Java

Tipe data byte merupakan tipe data yang dikategorikan dalam bilangan bulat. Tipe data byte umumnya digunakan dalam saat kita bekerja dengan sebuah data stream dari sebuah file-file yang ada dalam suatu jaringan, fungsinya untuk keperluan proses membaca ataupun penulisan. Bukan hanya untuk data stream saja akan tetapi juga digunakan saat bekerja dengan data biner yang tidak kompatibel dengan tipe data yang lainnya di java. Istimewa dari tipe data ini kita bisa lihat dari sebuah pekerjaan yang bisa digunakan dalam data stream, biner, dan jaringan. Kalau sudah paham tentang penggunaan maupun pengertian tipe data byte saatnya kita lihat tipe data yang bisa dilihat pada tabel dibawah pada tipe data byte.

Tipe Data Byte Pada Java

Tipe Data
Ukuran (bit)Nilai MinimalNilai Maksimal
Byte8 bit-128
127
Itulah sedikit mengenal nilai yang bisa kita gunakan dengan syarat nilai yang telah ditentukan. Untuk itu kita bisa lihat cara penggunaan tipe data byte, sebagai contohnya lihat dibawah ini.




Tipe Data Short Pada Java

Tipe data short merupakan tipe data yang digunakan pada komputer-komputer dengan 16 bit. Pada umumnya tipe data short ini makin jarang digunakan pada suatu pengaplikasikan pada komputer. Dengan tipe data yang nilainya 16 bit merupak nilai bilangan bulat (integer) yang bisa digunakan angka-angka yang kecil dan bisa dipakai untuk nilai array yang cukup berbeda dari byte. Untuk melihat tipe data yang dimiliki oleh short silakan simak pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Short Pada Java

Operator
Ukuran (bit)Nilai MinimalNilai Maksimal
short16 bit-32768
32767
Bisa kita lihat diatas bawasannya nilai minimal hingga maksimal lebih besar dari tipe data byte. Akan tetapi nilai inilah yang harus kita ketahui kapan akan kita buat suatu program aplikasi yang akan kita buat. Agar lebih paham mengenali tipe data short lebih dalam bisa kita lihat pemograman dibawah ini:





Tipe Data Int Pada Java

Tipe data int merupakan salah satu tipe data yang paling banyak digunakan dalam mempresentasikan angka dalam bahasa pemograman Java. Tipe data int dianggap paling efisien dari beberapa tipe tipe data bilangan bulat (integer) lainnya. Bukan hanya sampai disitu saja tipe data int juga banyak digunakan dalam indeks dalam struktur perulangan maupun dalam konstruksi sebuah array. Tipe data ini juga banyak digunakan dalam perulangan seperti for, while, do-while. Untuk melihat lebih dalam pada tipe data int kita bisa melihat nilai-nilai yang bisa kita gunakan pada tipe data int, silakan lihat pada tabel sebawah ini:

Tipe Data Int Pada Java

Operator
Ukuran (bit)Nilai MinimalNilai Maksimal
Int32 bit-2147483648
2147483647
Dengan jumlah ukuran 32 bit kita bisa menggunakannya dalam jumlah yang besar, tipe data ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi. Agar lebih paham cara penggunaan tipe data ini dengan ukurannya yang terbilang cukup besar, silakan lihat pemogramannya di bawah ini:



Tipe Data Long Pada Java

Tipe data long merupakan tipe data yang paling besar dari tipe data yang lainnya bisa juga di bilang dengan Range. Dengan kedudukan yang paling tinggi tipe data long merupakan tipe data yang terakhir pada bilangan bulat (integer) dan digunakan dalam jumlah yang cukup besar dalam mengatasi bilangan bulat (integer). Manfaat dalam penggunaan tipe data long kita bisa memasukan nilai yang besar selama kita mengetahui batas minimal dan maksimal pada tipe data long. Tipe data long juga memiliki nilai default 0L, kita bisa saja membuat nilai untuk tipe data long seperti ini, misalnya long a = 2000L atau b = 9999999L. Untuk melihat berapa besar dan berapa banyak nilai minimal dan maksimal tipe data long bisa simak pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Long Pada Java

Tipe Data
Ukuran (bit)Nilai MinimalNilai Maksimal
Long64 bit-9.223.372.036.854.775.808 (2^63)
9.223.372.036.854.775.807 (2^63-1)
Kita bisa melihatnya betapa besarnya nilai minimal dan maksimal, untuk melihat contoh penggunaan tipe data long ini tidak jauh bedanya seperti pembelajaran tipe data bilangan bulat (integer) lainnya. Bisa di lihat di bawah ini untuk pengodeannya.



 
 

Tipe Data Float Pada Java

Sebelum memasuki penjelasan tipe data  float ada baiknya kita berkenalan dahulu apa itu floating point. Floating point merupakan bilangan pecahan yang bisa kita gunakan dalam mempresentasikan nilai-nilai yang mengandung pecahan atau pun decimal yang memiliki angka di belakang koma. Cara penulisannya sangatlah berbeda dalam kehidupan sehari-hari kita dalam membuat angka dibelakang koma, di dalam pemograman Java sendiri koma akan denganti dengan titik sebagai komanya, misalnya nilai ujian kita rata-rata 3,7 pada Java akan menjadi 3.7 untuk cara penulisannya. Untuk tipe data float merupakan tipe daya yang digunakan dalam menandai suatu nilai yang mengandung ketelitian tunggal atau disebut (single precision) yang menggunakan runag penyimpanannya yaitu 32 bit. Tipe data float bisanya digunakan terutama untuk penyimpanan memori array yang besar angkanya, untuk melihat nilai minimal dan maksimal pada tipe data ini silakan lihat pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Float Pada Java

Tipe Data
Ukuran (byte)Nilai MinimalNilai Maksimal
Float32 byte-3.40E+38
3.40E+38
Untuk tidak berpanjang lebar penjelasan tipe data ini, kita bisa langsung lihat pengodean yang seperti biasanya, sebagai berikut.
Kode Tipe Data Float Pada Java


 

Tipe Data Double Pada Java

Tipe data double merupakan tipe data yang mengandung tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan tipe data float. Tipe data double memiliki presisi gandang yang bisa kita bilang dengan (double precision) dan menggunakan ruang penyimpanan 64 bit dalam masalah penyimpanan suatu nilai. Untuk tipe data double tentunya jauh lebih cepat untuk melakukan yang namanya perhitungan matematis dari pada tipe data float. Pada tipe data ini, perhitungannya yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, lebih baik kita menggunakan tipe data ini untuk masalah perhitungan yang memiliki angka di belakang koma. Kita bisa memanfaatkan tipe data ini dalam perhitungan yang memiliki angka di belakang koma dalam penambahan, pengurangan dan sebagainya. Misalnya nilai a = 20.88890 maka tipe data ini sanggup menghitung dengan jumlah yang baik tampa harus dibulatkan ketika proses perhitungan. Untuk melihat nilai minimal dan nilai maksimal yang terdapat pada tipe data double silakan lihat pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Double Pada Java

Tipe Data
Ukuran (byte)Nilai MinimalNilai Maksimal
Double8 byte-1.7e308
1.7e308
Tidak perlu berpanjang lebar mari kita lihat contoh pengodeannya simak penjelasannya di bawah ini
 

 

 Tipe data bolean

 Tipe data boolean merupakan tipe data yang paling unik dimana tipe data ini hanya memiliki dua buah nilai yaitu benar (true) dan salah (false). Boolean adalah tipe data yang digunakan juga untuk menampung sebuah logika dengan nilai yang kita sudah sebutkan sebelumnya. Dengan adanya tipe data boolean kita bisa membuat suatu logika untuk menempatkan nilai yang true atau false pada pemograman kita. Sedikit cara penggunaannya bisa di lihat di bagian bawah ini.




Tipe Data Char Pada Java

Untuk tipe data char merupakan salah satu tipe data untuk menyatakan sebuah karakter pada nilai variabelnya. Sedangkan bahasa Java menggunakan karakter Unicode untuk mempresentasikan semua karakter yang ada. Unicode adalah sekumpulan karakter yang terdapat pada semua bahasa baik dari bahasa Indonesia, Inggris, China, dan lain-lainnya. Dimana yang kita tahu bahasa pemograman Java yang memiliki beberapa macam platform untuk dapat dirancang. Maka dari itu karakter unicode membutuhkan ukuran 16 bit atau setara dengan 2 byte. Karakter karakter yang bisa kita gunakan pada pembelajaran kita kali ini yaitu menggunakan huruf tunggal (A) misalnya. Untuk itu lihat contoh penggunaan tipe data yang satu ini, sebagai berikut.



itulah macam macam tipe data smoga bermanfaat untuk anda


















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "belajar tipe data lengkap"

Posting Komentar